Jambore BMI: Kolaborasi Gerakan Buruh Migran, Media Komunitas, dan Desa Membangun


jamborebumi 2013 buruh migran gerakan desa membangun media komunitas bloggerKegiatan Jambore Buruh Migran 2013, selanjutnya disebut Jamborebumi 2013, menunjukkan konsolidasi masyarakat sipil semakin kuat. Acara ini mampu menyatukan gerak sejumlah inisiasi perubahan sosial di masyarakat bawah dalam kerjasama yang elok, yaitu gerakan keagamaangerakan buruh migran, media komunitas, blogger, dan gerakan desa membangun. Sebuah titik terang bahwa kedaulatan sipil makin yakin terwujud.

Jamborebumi 2013 akan dilaksanakan di Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. Acara berlangsung selama dua hari sejak 11-12 Juni 2013. Kegiatannya cukup beragam, mulai rembug, seminar, workshop, pelatihan teknis, hingga olahraga dan plesiran di pantai. Sejumlah tokoh nasional, seperti Budiman Sudjatmiko, juga menyatakan siap hadir dalam acara itu.

Persiapan acara Jamborebumi 2013 cukup matang. Ada sejumlah kegiatan pemanasan yang dilakukan oleh para inisiator Jamborebumi 2013, seperti Lokakarya Desa, pelatihan website, simulasi publikasi dan streaming, persiapan kelas, dan aneka pelatihan produksi aneka komoditi warga. Cap cus!

Kegiatan Jamborebumi 2013 mengusung tema perlindungan buruh migran dari hulu. Topik ini jelas bukan barang baru, namun kali ini Lakpesdam NU Cilacap tak sekadar ingin berwacana. Mereka bekerjasama dengan pemerintah desa di Kabupaten Cilacap dan Banyumas untuk melakukan pendataan migrasi di tingkat desa.

Kini, pendataan migrasi warga desa yang bekerja di luar negeri menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pelayanan publik di desa. Pemerintah desa menggunakan aplikasi Mitra Desa, sebuah piranti lunak yang dikembangkan oleh Infest Yogyakarta dan Gerakan Desa Membangun, untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Aplikasi Mitra Desa bisa didapatkan secara gratisan sehingga tidak menjadi beban baru bagi desa.

Jamborebumi 2013 menjadi ruang konsolidasi bagi gerakan masyarakat sipil untuk merumuskan strategi cerdas bagi perubahan sosial di Indonesia. Mari berbagi informasi dan pengalaman untuk saling menguatkan dan melindungi!

One thought on “Jambore BMI: Kolaborasi Gerakan Buruh Migran, Media Komunitas, dan Desa Membangun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s