Biblioterapi untuk Pasien di Perpustakaan Rumah Sakit


Tulisan ini merupakan saduran bebas dari sebuah makalah yang ditulis oleh David J. McDowell, seorang pustakawan di Perpustakaan Rumah Sakit McLean, Belmont, Massachusetts, Inggris. Makalah berjudul “Bibliotherapy in a Patients’ Library” itu sudah dipublikasikan pada Bull. Med. Libr. Ass. 59(3) July 1971. Saya tertarik mengalihbahasakan tulisan tersebut karena bahan rujukan untuk kajian biblioterapi dalam bahasa Indonesia masih langka. Padahal biblioterapi telah dikembangkan sejak lama dan menjadi lapangan penyelidikan ilmiah di pelbagai negara.

David J. McDowell menulis artikel ini untuk menjelaskan pelibatan pasien-pasien di Perpustakaan Rumah Sakit McLean dan apa hubungan yang terjalin antara pasien dan pustakawan dalam kerja-kerja di perpustakaan. Pustakawan mempunyai peran yang bersifat personal dalam terapi pasien dan sejumlah kegiatan yang diberikan seperti permainan membaca, membaca puisi, dan diskusi tentang materi bacaan untuk tujuan terapetik. Jadi, sesungguhnya ada pengalaman yang bersifat klinis dalam proses-proses membaca.

Pertama, saya ingin berbagi tentang sejumlah cara pustakawan dan perpustakaan bisa memberikan kontribusi terapetik pada rumah sakit yang mengurusi mental. Lalu, secara singkat saya bahas tentang biblioterapi secara teoritis, terapi pusisi dan pendekatannya, dan garis besar format menggunakan genre lainnya yang saya temukan sangat bermanfaat dalam dunia psikiatris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s