Archive Camp 2010: Bertukar Pengalaman Kelola Arsip Gambar Bergerak


Kegiatan Archive Camp (Perkemahan Arsip) 2010 membahas kajian pengelolaan arsip gambar bergerak. Kegiatan ini dilaksanakan di Green Land, Pengasih, Kulonprogo. Pesertanya berasal dari pelbagai negara, seperti Malaysia, India, Australia, Yunani, dan Indonesia.

Pada awal kegiatan peserta membahas tentang penerapan lisensi Create Commons bersama Pimpinan Proyek Publik Creative Commons Indonesia (CCI), Ivan Lanin. CCI merupakan perwakilan Creative Common Internasional yang mempelopori hak penyebaran produk secara luwes, seperti pembolehan penggunaan produk tertentu untuk kepentingan bukan komersil.

Creative common, menurut Lanin, cocok digunakan untuk kalangan gerakan sosial agar produk-produknya terlindungi hak ciptanya, namun tidak menghilangkan aspek sosial, seperti penggunaan, pertukaran produk, dan penyebaran kembali produk oleh orang lain. Ada empat aspek dalam Creative Common, yaitu (1) penyebaran produk dengan menyebutkan sumbernya, (2) penyebaran produk dalam bentuk asli (tanpa diubah), penyebaran produk bukan untuk kepentingan komersil, dan (4) kebebasan penyebaran produk dengan perubahan.

“Penerapan lisensi Creative Common menyesuaikan dengan hukum perlindungan hak cipta di setiap negara. Lisensi ini memberikan cara perlindungan hak secara luwes dan mempertimbangkan hak sosial produk, namun tidak merugikan hak kreatif pemiliknya,’ ujar Lanin.

Bagi kalangan yang menyebutkan produknya di bawah lisensi Creative Common akan mendapatkan dukungan pembelaan dari dari CCI. Langkah pembelaan dibagi dalam empat tahap, (1) CCI akan memberikan surat peringatan bagi pelaku pembajakan produk, (2) CCI akan mengirimkan somasi pada pelaku pembajakan, (3) CCI akan mengajak para pelaku pembajakan dan korban untuk berunding, dan (4) CCI menyediakan dukungan pembelaan hukum.

Setelah itu, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mempelajari teknik penggunaan dan pemprograman Sistem Manajemen Konten Plumi 3.0 dan kelompok dua membahas kebijakan pengarsipan video di lembaga-lembaga nonpemerintah.

  • Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s