Radio Komunitas Wujud Komunikasi Partisipatoris


Radio komunitas merupakan wujud dari perilaku komunikasi partisipatoris. Dalam pengelolaan dan kegiatan radio komunitas pemerintah dan warga terlibat aktif dalam keseluruhan proses. Keterlibatan para kru radio bersifat sukarelawan sehingga melahirkan model kerja yang dialogis.

Dalam pengelolaan radio komunitas, pimpinan tidak bisa bertindak atas dasar kemauannya sendiri. Inti kerja radio bukan untuk menginformasikan atau mempromosikan gagasan agar publik tertarik. Lebih dari itu, radio komunitas merupakan sarana untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menganalisis masalah dan mengidentifikasi penyelesaian yang terjadi di masyarakat.

Saat mengelola radio komunitas kemampuan mendengarkan sama pentingnya dengan kemampuan berbicara. Setiap pegiat yang terlibat dalam radio adalah subjek yang memiliki persepsi, pengetahuan, dan pengalaman. Tak ada yang merasa paling tahu, sebab kenyataan-kenyataan selalu berubah. Di sinilah kemauan untuk saling percaya dan membangun konsensus menjadi kunci utamanya.

Sabar Rina, Direktur Radio Komunitas PAdang Sago FM

  • Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s