Pelimpahan, Surga Pengrajin Batu Bata


Sungai Pelimpahan menjadi batas tegas Desa Patimuan dan Desa Cinyawang. Keduanya secara administrasi masuk dalam wilayah Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap. Di sepanjang tepian sungai dibangun tanggul yang menjadi benteng perlindungan warga saat banjir. Jarang tanggung ke bibir sungai ada sekitar 30-50 meter. Di sinilah warga setempat membuat batu bata. Karena banyaknya pengrajin batu bata di sepanjang sungai ini maka, Pelimpahan dikenal sebagai sentra batu bata.

Pengrajin batu bata di Pelimpahan sangat dimanjakan oleh alam. Bahan baku bata, tanah, tinggal digali dari lahan tepian sungai. Air mudah diambil dari sungai. Batu bata juga cepat kering bermodal sinar matahari sebab di sepanjang daerah aliran sungai dilarang ditanami pohon berkayu.

Lubang-lubang galian tanah akan tertutup kembali saat musim penghujan. Biasanya pada musim penghujan air sungai mencapai tepian tanggul. Areal pembuatan batu bata akan tertutup air banjir. Saat itulah musim libur bagi pengrajin bata. Tak ada tawar menawar, bagi mereka yang tidak segera membawa hasil produksi ke tanggul akan dilahap oleh aliran air.

Sebutan Pelimpahan diambil dari fungsi utama sungai. Sungai ini merupakan anak Sungai Citandui yang berfungsi untuk mengurangi deras aliran air Sungai Cintandui saat musim penghujan. Tak heran bila musim kemarau lebar sungai hanya 15-20 meter, tapi pada musim penghujan air meluap hingga 50-120 meter. Luapan air itu membawa berjuta-juta kubik lumpur yang menutupi lahan-lahan galian para pengrajin batu bata.

Selain batu bata, banyak juga warga yang memanfaatkan tepian sungai untuk berkebun. Ada lombok, terong, kacang panjang, dan palawija lainnya. Semua aktivitas tersebut dilakukan pada musim kemarau di saat aliran Sungai Pelimpahan hanya selebar bibir sungai. Ajaibnya, tanpa dipupuk pun semua tanaman tumbuh subur.

  • Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s