Kenali Potensi Desa dengan Program MDS


Tidak setiap warga mampu menjelaskan peta wilayah dan potensi daerahnya, meski hanya setingkat dusun. Pengetahuan kampung terlupakan, kalah oleh informasi dan pengetahuan yang diproduksi oleh media massa. Mereka lebih hafal nama-nama artis ibukota dibanding nama Ketua-ketua Rukun Tetangga (RT) di dusunnya. Mereka bisa menyebutkan nama-nama sungai besar di dunia dibanding sungai-sungai di kecamatannya.

Berangkat dari kondisi di atas, Karangtaruna Desa Cinangsi, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap merancang program Mengenal Desa Sendiri (MDS). Menurut Akhmad Fadli (30), pegiat Karangtaruna Desa Cinangsi, program MDS bertujuan untuk mengingat kembali peta wilayah dan potensi Desa Cinangsi. Untuk menarik peran serta para remaja, MDS dilakukan dengan memanfaatkan teknologi video. Alat yang digunakan berupa kamera genggam (handycam) untuk merekam dan mencerita beragam sisi kampung.

Program ini mendapat sambutan hangat dari para remaja. Setidaknya ada 15 orang yang ikut dalam kegiatan ini. Modal yang terkumpul dari patungan para peserta dipergunakan untuk membeli kaset.

“Tim mengumpulkan beragam potensi yang ada di desa. Ada yang mensurvei pasar desa, usaha pembuatan gorong-gorong dan batako, usaha pembuatan peti kayu, budidaya jamur, budidaya tanaman hias, dan pengajian. Peserta terkesan sebab selama ini mereka tidak memperhatikan betapa besar potensi yang dimiliki oleh desanya,”  ujarnya.

Program MDS juga mendapat sambutan hangat dari para kalangan orang tua. Saat pengambilan gambar di pasar, para pedagang langsung menyambut kru dengan meriah, bahkan di antara mereka ada yang menyumbang makanan dan minuman. Hal serupa terjadi saat pengambilan gambar di lokasi-lokasi usaha. Para pemiliknya antusias memberikan keterangan hingga pada proses penyuntingan, si penyunting kesulitan memilahnya.

Film berdurasi 15 menit itu selanjutnya diputar di Balai Desa Cinangsi. Ratusan warga berjejalan ingin menyaksikan film hasil karya Karangtaruna. Saat diputar warga tersipu-sipu sebab wajahnya muncul dalam film tersebut. Bahkan, beberapa orang berteriak mengolok-olok untuk mengungkapkan rasa empatinya.

Meskipun kualitas film tersebut masih jauh di bawah standar, film ini mendapat sambutan yang antusias. Di sinilah pentingnya informasi dikelola oleh warga sebagai alat dokumentasi sejarah desa. Ayo bikin film lagi!

One thought on “Kenali Potensi Desa dengan Program MDS

  1. Kegiatan yg begitu menginpirasi.
    Anak muda peduli terhadap desa, mantap. Lanjutkan, dan semoga sukses.
    Ditunggu posting2 seru tentang desanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s