PTI Mahnetik Ajarkan Komputer Gratisan


Awal Februari 2009, Program Pusat Teknologi Informasi Mahnetik (Rumah Internet untuk Tenaga Kerja Indonesia) segera beroperasi. Waktu operasional PTI Mahnetik mundur dari rencana, Januari 2009, akibat pengiriman perangkatkomputer baru tiba 31 Januari 2009. PTI Mahnetik akan dibuka secara resmi untuk umum 16 Februari 2009. 

Pada acara pembukaan beragam kalangan masyarakat akan hadir. Warga Sidareja dan sekitarnya menjadi undangan utama, disusul pengurus organisasi masyarakat dan agama. Bupati Cilacap juga berjanji akan hadir, disertai perwakilan dinas pelayanan publik di Kabupaten Cilacap dan Kecamatan Sidareja siap datang.

Pendirian PTI Mahnetik ini menjadi hal baru bagi warga sebab menawarkan banyak program yang menarik. Salah satu layanannya  adalah Rumah Internet (Mahnet). Motonya adalah “pusat akses internet termurah se-Indonesia dan bisa nego”. Maksudnya, pengelola menetapkan angka sewanya sebesar Rp 2.000,- per jam, apabila pengguna gak punya uang cukup bisa ditawar hingga Rp 1.000,- per jam sembari mengajukan alasannya. Bila mereka tidak mampu membayar seribu, bisa diganti dengan senyum aja, syaratnya tersenyum manis dan difoto.

Selain Rumah Internet, PTI Mahnetik juga menyelenggarakan pelatihan komputer dan internet. Pelatihan komputer yang didukung oleh program dari Tifa Jakarta dan Microsoft Indonesia ini mengajarkan kemampuan pengoperasian komputer dasar, aplikasi kantoran, dan internet. Dana partisipasi pesertanya juga sangat murah, yaitu Rp 25.000,- sampai bisa. Khusus bagi masyarakat miskin dan keluarga TKI yang bekerja di luar negeri, pelatihan komputer digratiskan. Langkah ini dilakukan sebagai komitmen pengelola untuk mengenalkan teknologi komputer bagi masyarakat luas.

PTI Mahnetik juga merencanakan penerbitan Mahnetik Post, sebuah koran selembar yang rutin tiap 2 bulan sekali. Mahnetik Post berisi beragam kegaitan di PTI dan tukar-menukar pengetahuan antar pengguna. Uniknya, para TKI yang bekerja di luar negeri akan berpartisipasi dalam penulisan. Jadi, isi Mahnetik Post digarap oleh TKI di lura negeri dan para pengguna PTI di Sidareja. Di dunia maya, kita bisa mengakses mahnettikforum. Forum ini merupakan sarana pengaduan dan curahan hati para TKI dan warga.

Pengelolaan informasi-informasi di atas selanjutnya akan dikemas menjadi masukan penting bagi lembaga pelayanan publik di Kabupaten Cilacap. Jadi, PTI Mahnetik menjadi pusat informasi alternatif yang berguna bagi warga, pemerintah, dan TKI.

3 thoughts on “PTI Mahnetik Ajarkan Komputer Gratisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s