Anak Curhat Online, Bapak ‘Digiring’ Camat


Seorang kontributor media online di Cilacap, Jawa Tengah, menuliskan curhatnya soal layanan pembuatan KTP. Merasa dicemarkan, pihak Kecamatan ‘menggiring’ Ayah sang kontributor.

Peristiwa ganjil itu dialami Yossy Suparyo, kontributor lepas media online Suarakomunitas.com. Peristiwa ini berawal dari curhat Yossy mengenai pelayanan publik di Kecamatan Patimuan, tempat ia membuat Kartu Tanda Penduduk.
Seperti diungkapkannya kepada detikINET, Kamis (22/1/2009), Yossy mencatatkan beberapa hal mengenai pelayanan publik yang dirasanya ganjil. Tulisan tersebut dimuat oleh Suarakomunitas.com pada 3 November 2008 dan juga Cilacapmedia.com pada 7 November 2008.

Ajaibnya, tutur Yossy, pada 19 Januari 2009 orangtuanya didatangi pejabat setempat. Kasum, ayah kandung Yossy, didatangi Kepala Desa Rawa Apu dan Kasie Trantib Kecamatan Patimuan untuk konfirmasi soal tulisan anaknya.

“Ia juga mengatakan bahwa ini sebagai bentuk niat baik kecamatan untuk menyelesaikan persoalan ini secara damai. Ia menganggap Yossy telah melakukan upaya menjatuhkan nama baik kecamatan,” tutur Yossy.

Keesokan harinya, pada 20 Januari 2009, Kasum dijemput untuk menemui Camat Patimuan. Dalam pertemuan itu Kasum diberi penjelasan bahwa Yossy dianggap melakukan upaya menjatuhkan kecamatan dan Kasum diharap bisa menghadirkan Yossy untuk klarifikasi.

Namun yang paling ganjil adalah poin ketiga dari pertemuan itu. “Jika dalam waktu dekat tidak bisa menghadirkan Anaknya, maka pihak pemerintah kecamatan akan membawa kasus ini ke kepolisian. Dengan pak Kasum sebagai jaminan sementara, sampai Yossy Suparyo bersedia datang,” demikian keterangan Yossy.

Tak cukup sampai di situ, pada Rabu 21 Januari 2009, menurut Yossy ayahnya kembali didatangi pejabat setempat. Kali ini adalah Kepala Dusun Cikuning yang mengabarkan bahwa Kepala Desa Rawa Apu ditahan di Kecamatan sambil menunggu kedatangan Yossy.

Sebagai catatan, media Suarakomunitas.com tempat Yossy kerap menulis adalah media yang kerap menyoroti pelayanan publik. Situs tersebut memiliki kontributor di berbagai daerah di Indonesia.(Sumber: Wicak Hidayat – detikinet)

3 thoughts on “Anak Curhat Online, Bapak ‘Digiring’ Camat

  1. mas yosi, niat pejabat kecamatan untuk berdamai dan tidak akan memperpanjang masalah. kami mohon mas yosi untuk tidak mengekspos hal tersebut lewat internet. apabila saudara merasa tidak puas atas pelayanan yang diberikan, seharusnya Saudara menyampaikan ketidakpuasannya kepada petugas ataupun pimpinan. selanjutnya perlu kami luruskan bahwa Kepala Desa Rawaapu ditahan di Kecamatan itu tidak benar. jadi kami mohon Saudara tidak mempublikasikan hal – hal yang belum pasti kebenarannya.

  2. Siap Bung (ha3x). Santai wae. Informasi yang Anda sampaikan sangat penting. Saya tidak menulis sesuatu yang mengada-ada karena sumber tulisan jelas. Apabila sumber itu bohong maka penjelasan Anda saya anggap sebagai informasi yang melengkapi informasi dari nara sumber sebelumnya. Tapi tulisan ini bukan tulisan saya tapi tulisan Bung Wicak, orang detiki.net. Saya hanya menyalinnya setelah mendapat persetujuan dari penulis. Saya bahagia kecamatan Patimuan memiliki kemauan memperbaiki pelayanan publik. Saya berharap kecamatan-kecamatan lainnya mau meniru inisiatif dari Patimuan. Selamat bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s