Aroma Korupsi Simpemdes


Aroma tak sedap penyimpangan dana proyek Simpemdes (Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan Desa, red) mulai merebak. Polisi sudah mengendus adanya dugaan markup harga dalam pengadaan komputer untuk 284 desa di Kabupaten Cilacap yang menelan anggaran lebih dari Rp 13 miliar.

“Kami sedang melakukan penyelidikan dan mengumpulkan data-data di lapangan,” kata Kapolwil Banyumas Kombes Ghufron belum lama ini.

Potensi dugaan korupsi menguat setelah uang sebesar Rp 48 juta hanya untuk biaya pelatihan perangkat desa dan pembelian satu unit komputer merk Lenovo beserta program aplikasi pendukung, satu unit printer laser merk HP, satu unit UPS dan meja komputer untuk tiap desa.

Menurut dia, harga tersebut tidak rasional dan diduga ada ketimpangan dalam proyek tersebut.

Temuan tersebut berawal dari gagasan Pemkab Cilacap dengan meluncurkan Simpemdes untuk 284 desa. Proyek ini dibiayai lewat Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2008 sebesar Rp 48 juta tiap desa.

Simpemdes dibangun dengan harapan untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada masyarakat, membuat pekerjaan yang dilakukan para para pelayanan masyarakat (birokrat) menjadi transparan, cepat, dan murah.

Namun, pada kenyataannya proyek ini justru menjadi lahan subur korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Kang Gieno (http://cilacapmedia.com)

  • Tak Berkategori

One thought on “Aroma Korupsi Simpemdes

  1. mas angger nggo pengadaan komputere ya termasuke murah banget merk pabrik, monitor lcd, ana UPS, printer laser karo meja wis karo windows xp pro asli maning cuma Rp 6jt lewih, inyong golet barang sing semeno regane ya siki-siki angel banget rata ng pasaran merek 7 jutaan, printere besteke 990rb ng pasaran aiki nganti 1,3juta
    paling angger korupsi ya pengadaan module mbok.. nganti 29 jt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s