Perayaan Tahun Saka di Srandil


SEJAK AYAM BERKOKOK di pagi buta, Padepokan Agung Mandala Giri Srandil, Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, sudah terlihat ramai. Pagi itu (Senin, 29/12) kelompok Kejawen di Kabupaten Cilacap menggelar puncak perayaan Tahun Saka di Vihara Tri Ratna.

Matahari belum lagi tepat di ubun-ubun, namun ribuan manusia telah memenuhi komplek padepokan hingga meluber di jalan-jalan untuk mengikuti ritual tersebut. Aneka sesaji ditata rapi, sebagian besar sesaji berisi hasil bumi seperti padi, buah-buahan, dan sayuran. Ada yang diletakkan di jolen, ada juga yang dibawa oleh dayang-dayang.

Jolen diarak dari Vihara Tri Ratna menuju pantai selatan yang berjarak sekitar satu kilometer dari Gunung Srandil. Para biksu berjalan di barisan depan, tepat di belakang pembawa bendera, berturut-turut disusul para sesepuh kejawen, kemudian jolen, balon, dayang-dayang, dan ribuan warga penganut Kejawen.

Setibanya di pantai, para sesepuh kejawen bersama biksu langsung memanjatkan do’a untuk memulai pelarungan. Usai berdo’a, jolen berisi sesaji dibawa oleh anggota SAR Wijayakusuma untuk dilarung. Bersamaan dengan itu, ratusan balon lima warna dilepaskan ke udara, disusul pelarungan sesaji yang dibawa dayang-dayang dan warga pun berebut untuk mendapatkan sesaji tersebut. Pelarungan sesaji diakhiri dengan pelepasan ratusan burung peking haji yang berada di dalam sangkar.

Setiap sesaji yang dilarung memiliki makna sendiri-sendiri. Seperti pelepasan burung, balon, dan pakaian adat. Untuk balon ada lima warna, masing-masing warna memiliki lambing. Misalnya, Warna kuning melambangkan kebijaksanaan, merah melambangkan cinta kasih, oranye lambing semangat, putih lambing kesucian, dan warna biru merupakan lambing bakti. Sedang pelepasan burung memiliki makna cinta kasih kepada satwa.

  • Tak Berkategori

One thought on “Perayaan Tahun Saka di Srandil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s