Aplikasi Peringatan Dini Tsunami


BENCANA ALAM, seperti gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor merupakan peristiwa yang sulit diprediksi oleh siapapun. Salah satu aktivitas pengurangan resiko bencana adalah diseminasi informasi peringatan dini tsunami. Informasi prediksi tentang bencana, khususnya bencana gempa bumi dan tsunami dikeluarkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika. Lembaga ini juga telah memasang peralatan peringatan dini tsunami kepada masyarakat luas di beberapa bibir pantai di Indonesia.

Banyak teknologi yang sudah dikembangkan sebagai sistem pendeteksi adanya bencana tsunami. BMG melakukan sentralisasi informasi dari berbagai teknologi pendeteksi gempa dan juga dari berbagai sistem peringatan dini tsunami dari berbagai titik di dunia dan melakukan analisis terhadap kemungkinan adanya bencana Tsunami.
Sistem peringatan dini tsunami adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mendeteksi tsunami kemudian memberikan peringatan. Sistem ini umumnya terdiri dari dua bagian penting yaitu jaringan sensor untuk mendeteksi tsunami serta infrastruktur jaringan komunikasi untuk memberikan peringatan dini adanya bahaya tsunami kepada wilayah yang diancam bahaya agar proses evakuasi dapat dilakukan secepat mungkin.

Peringatan dini tersebut lebih bermanfaat jika analisis yang diperoleh dapat dilakukan diseminasi informasi ke berbagai pihak sehingga dapat dilakukan penanganan dan koordinasi supaya dapat mencegah jatuhnya korban. Untuk dapat dilakukannya diseminasi tersebut memerlukan berbagai media dalam penyampaiannya agar mencapai ke berbagai pihak. Dengan adanya dukungan pada infrastruktur dan teknologi yang beraneka ragam.

Hingga pertengahan Agustus 2006 sudah dilakukan percobaan diseminasi informasi peringatan dini tsunami yang dikembangkan oleh BMG bekerja sama dengan Telkomsel (operator selular GSM di Indonesia), sehingga dapat dilakukan penyampaian informasi melalui SMS terhadap nomor tertentu. Selain itu dilakukan percobaan pula dengan dua media TV yang dilakukan oleh BMG, yaitu AnTV dan TVRI dan lainnya. Juga disampaikan menggunakan SMS ke sistem peringatan yang berada di POLDA Metro Jaya.

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) berusaha untuk melakukan diseminasi informasi peringatan dini tsunami ke berbagai pihak yang lebih luas yang mencakup berbagai media di Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi yang ada. Depkominfo meminta keterlibatan Yayasan AirPutih (YAP) dalam melakukan penyebaran informasi peringatan dini dari BMG ke berbagai media.

Menurut Imron Fauzi, Aktivis YAP, YAP selanjutnya melakukan kegiatan pengembangan terhadap aplikasi yang ada. Jika sebelumnya, aplikasi hanya digunakan oleh media terutama stasiun televisi, sekarang aplikasi hasil pengembangan ini bisa diperoleh dan digunakan oleh masyarakat luas. Aplikasi bisa diunduh di situs AirPutih, tinggal dijalankan di komputer yang terkoneksi dengan internet. Kemudian, tinggal klik connect pada program yang sudah berjalan di komputer tersebut. Secara otomatis, akan menerima informasi peringatan dini terbaru dari BMG.

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan untuk mendistribusikan informasi gempabumi yang berpotensi tsunami hasil analisis dari Badan Meteorologi dan Geofisika kepada masyarakat luas. Dengan harapan, masyarakat bisa memperoleh informasi dengan cepat, dan melakukan tindakan-tindakan evakuasi ke tempat yang lebih aman dengan tenang.

Aplikasi yang dibuat berjalan pada komputer platform operating system Windows. Syaratnya komputer tersebut terkoneksi dengan internet, karena setiap informasi terbaru akan terkirim secara otomatis melalui media internet. Jika pada jaringan Anda diperbolehkan menggunakan Yahoo Messenger, maka secara otomatis aplikasi ini juga bisa berjalan pada jaringan Anda. Karena pada dasarnya port yang digunakan adalah sama dengan yang digunakan oleh aplikasi messsenger.

Langkah-langkah untuk mendapatkan dan menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
1. Download aplikasi di http://files.airputih.or.id/ews
2. Pilih aplikasi sesuai dengan platform sistem operasi (OS) komputer Anda
3. Taruh file-file tersebut dalam satu folder
4. Tekan file bmg.exe
5. Langkah terakhir adalah menekan menu connect, maka secara otomatis aplikasi telah berjalan pada komputer anda, setiap informasi terbaru yang dikirim oleh Badan Meteorologi dan Geofisika akan diterima pada komputer Anda.
6. Setiap informasi terbaru yang masuk akan disertai oleh suara sirine/alarm, disarankan untuk menambah speaker pada komputer.

  • Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s