Ubuntu: Software Gratisan dan Handal


Dalam acara Pelatihan untuk Pelatih Menejemen Bencana dan Pengentasan Warga dari Kemiskinan Melalui Radio Komunitas yang diselenggarakan oleh Asosiasi Radio dan Penyiaran Komunitas (AMARC) Asia Pasifik pada 17-20 Oktober 2008 di Hotel LPP Yogyakarta peran Ubuntu sangat penting. Presentasi para narasumber ditayangkan melalui infokus yang dikendalikan lewat perangkat lunak sumber terbuka ini. Alhasil, Indonesia sukses memperkenalkan pemanfaatan aplikasi gratisan sebagai alternatif teknologi yang tepat bagi para pegiat radio komunitas se Asia Pasifik ini.

Presentasi dalam Pertemuan AMARC Asia PAsific Menggunakan Ubuntu
Presentasi dalam Pertemuan AMARC Asia PAsific Menggunakan Ubuntu

Tampak dalam gambar (kiri ke kanan) ada empat narasumber yaitu Dina Listiorini, Staf Pengajar Universitas Atmajaya Yogyakarta; Pua Karikaritu, Asisten Proyek Mitra Pengembangan Komunitas Fiji (PCDF); Raghu Mainali, Koordinator Pusat Dukungan Radio Komunitas Nepal dan Wakil Presiden AMARC Asia Pasific untuk Asia Selatan; Najib Ahmed, Koordinator Jaringan Power 99, Pakistan; dengan moderator Shane Elson, Pengurus AMARC Asia PAsific dan pegiat Radio ABC Australia.Ubuntu terbukti handal membaca dan mengolah berbagai jenis data yang dibuat di berbagai sistem operasi lain, seperti Microsoft Windows dan Machintosh. Kelemahannya pembuat presentasi hanyalah pengguna biasa sehingga lupa menyertakan font-font yang mereka gunakan, terutama font-font unik. Akhirnya, desain presentasi berubah karena missing font, terpaksa karena tidak ada font sejenis maka font tertentu harus diganti dengan font yang ada.

Mari mencoba meninggalkan budaya membaca dan beralih menggunakan perangkat lunak sumber terbuka (Open Source Software). Get Freedom!

  • Tak Berkategori

2 thoughts on “Ubuntu: Software Gratisan dan Handal

  1. Open source memang pilihan rasional bagi komunitas miskin seperti saya. Untuk membeli yang propertary jelas terbentur dana, untuk membajak jelas melanggar hukum. Jadi open source pilihan cerdas, handal, dan gratisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s