Kenalkan Ide Sumber Terbuka (Open Source)


1227073594-m3

Apakah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menciptakan demokrasi yang diimpikan masyarakat? Pada kenyataannya TIK tidak bersifat netral dan bebas nilai. Ada kontruksi ekonomi, sosial, dan budaya yang membuat penggunaan TIK tidak merata dan menciptakan ketergantungan baru.

Gerakan pengguna dan pengembang Perangkat lunak Sumber terbuka (Open Source) berhasil membongkar rezim perangkat lunak berbayar (propertary) yang keberpihakannya hanya pada akumulasi modal semata. Gerakan ini menjadi solusi untuk memutus rantai ketergantungan pada satu perusahaan perangkat lunak. Gerakan Open Source (OS) juga menjadi terobosan baru yang kreatif bagi pengembangan perangkat lunak lokal.

Demikian materi utama Majalah Kombinasi Edisi 26 yang diterbitkan oleh Combine Resource Institution (CRI) Yogyakarta.Pada edisi ini dikemukakan Open Sourcing Ideas yang ditulis oleh Niken Lestari, Aktivis Kelompok Linux Cewek (Kluwek). Bahasan tersebut dilengkapi dengan liputan Pengembangan OS oleh Yayasan Air Putih Jakarta dan Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI)yang ditulis oleh Syaiful Baktiar. Diskusi OS diakhiri dengan pengalaman migrasi ke OS yang dilakukan CRI dan tips menolak penggunaan perangkat lunak ilegal oleh Hatib Abdul Kadir dan Hendra Indriyanto.

Pada rubrik ekonomi rakyat ada tulisan Marwan yang berbagi pengalaman memanfaatkan limbah ikan menjadi kerupuk. Lalu ada tulisan Kustoro, pegiat Radio Komunitas Gema Nusa Kampung Laut tentang mulai langkanya alat transportasi compreng di Segara Anakan, Cilacap, dengan judul Habis Compreng, Terbit Masalah.

Liputan Radio Suara Surabaya menjadi isi rubrik profil. Berbekal jurnalistik, Suara Suarabaya makin meroket dan bertahan sebagai radio papan atas. Selamat membaca

Majalah ini disebarkan secara cuma-cuma bagi kelompok-kelompok pemberdayaan masyarakat. Untuk berlangganan bisa menghubungi Redaksi Ade Tanesia d/a Jalan Ngadisuryan No. 26, Yogyakarta 55133 Telp/Fax: 0274-418929 E-mail:office@combine.or.id file lunaknya juga bisa Anda unduh di http://www.media.kombinasi.net

  • Tak Berkategori

One thought on “Kenalkan Ide Sumber Terbuka (Open Source)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s