Campcaster Bikin Radio Komunitas Tambah Pinter


Radio komunitas (Rakom) merupakan salah satu lembaga penyiaran yang sah secara hukum. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran yang mengakui keberadaan lembaga penyiaran komunitas pada bagian enam pasal 22 sampai dengan pasal 24. Tak heran jika suatu saat Anda menemui ada petani, sekolah,tempat ibadah (masjid/gereja), RT, RW, karang taruna,dan lain sebagainya mendirikan mengelola radio siaran.

Tampilan Antar Muka Campcaster
Tampilan Antar Muka Campcaster

Untuk menjalankan lagu-lagu di radio komunitas, kita sebetulnya mempunyai banyak pilihan. Aplikasi pemutar lagu yang populer digunakan adalah (1) MP3 Player, sayang kita mempunyai keterbatasan menyimpan jumlah lagu; (2) Winamp dan Raduga yang bekerja di sistem operasi Window, sayang kita harus mengeluarkan kocek ratusan ribu untuk membeli aplikasi ini; (3) XMMS yang fiturnya mirip dengan Winamp yang bekerja di sistem operasi linux, sayang meskipun gratisan aplikasi ini tidak mempunyai database; dan (4) Campcaster, aplikasi ini bekerja sistem linux, gratisan, dan memiliki kemampuan yang canggih.

Apabila Anda masih menggunakan program aplikasi, cobalah beralih ke Campcaster. Perangkat Lunak ini dirancang khusus untuk stasiun broadcasting komunitas karena didistribusikan secara cuma-cuma. Untuk menggunakan Campcaster, pertama-tama kita harus menginstall sistem operasi. Saya menyarankan Anda menggunakan Linux berbasis debian, seperti BlankOn dan Ubuntu karena yang relatif mudah dipelajari, stabil, dan tidak rewel.

Campcaster empat fasilitas utama, yaitu (1) database lagu dan file audio wawancara/sandiwara radio; (2) manajemen metadata lagu; (3) remote Web; dan (4) fasilitas penjadwalan (scheduling). Untuk mengetahui aplikasi ini lebih jauh Anda bisa mengunjungi situs ofisialnya. Anda bisa mengunduhnya di sini atau mempelajarinya di sini. Apabila Anda menemui masalah dengan instalasi maka bisa mengunjungi situs ini.

  • Tak Berkategori

2 thoughts on “Campcaster Bikin Radio Komunitas Tambah Pinter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s