Mendinginkan Pemandian Air Panas


Pemandian Air Panas Cipari benar-benar mempihatinkan. Dari sepuluh kamar yang ada, hanya dua kamar yang berfungsi. kamar mandi lainnya rusak parah, bahkan beberapa di antara bak mandi, tertutup tanah. Kondisi bangunannya rusak. Atap genteng banyak yang ambrol. Di halaman ada dua tempat berteduh, tapi kondisinya nyaris tak berbentuk.

Pemandian Air Panas Cipari di Kecamatan Cipari. Dari Kota Cilacap berjarak sekitar 75 Km atau 2 jam ditempuh lewat perjalanan darat. Hingga kini objek wisata ini dibiarkan mangkrak, tidak ada perbaikan apapun. Bahkan kerusakan pada bangunan yang berbentuk leter L makin parah.

Menurut Syaiful Mustain, Pegiat Forum Warga Cipari, air panas mengalir dari lubang mirim sumur. Pada 1930-an, Belanda sangat getol mengeksplorasi kekayaan alam. Cipari diduga daerah penghasil minyak sehingga dilakukan pengeboran. Setelah dibor yang keluar justru semburan air panas sehingga proyek eksplorasi dihentikan.

Objek wisata air panas berupa bangunan berbentuk leter L. Bangunan itu terdiri dari 10 kamar mandi yang ukurannya bervariasi. Dua kamar mandi induk berukuran 4×4 meter dan delapan kamar mandi lainnya berukuran 4×2 meter. Para pengunjung datang ke air panas karena air di lokasi itu mengandung belerang dapat menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Banyak pengunjung yang datang merasa cocok, semua penyakit yang dideritanya dapat sembuh. Mereka yang mandi air panas tersebut biasanya tidak hanya satu kali, tetapi sampai beberapa kali agar penyakitnya cepat sembuh.

“Para pengunjung yang datang dikenai bea masuk sebesar Rp 1.500 per orang. Pengunjung banyak pengunjung yang mengeluh karena ditarik tiket tapi bangunan tidak diurus,” ujarnya.

One thought on “Mendinginkan Pemandian Air Panas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s