Cuci Tangan Cegah Virus Hepatitis


Banyaknya warga Desa Rawaapu yang meninggal karena virus hepatitis patut dicermati. Penularan hepatitis virus A merupakan jenis oral fecal transmission. Penularan penyakit ini erat hubungannya dengan perilaku higiene perseorangan.

Hepatitis akut klinis merupakan penyakit yang diakibatkan adanya peradangan yang bersifat akut pada hepatosit karena adanya agen yang masuk ke dalam sel hepar tersebut. Secara klinis umumnya ditandai dengan panas, mual atau muntah, rasa penuh di perut dan ikterik. Hepatitis virus A merupakan virus yang sering menyerang masyarakat.

Penyebaran hepatitis virus A biasanya karena faktor lingkungan, perilaku, genetika dan fasilitas kesehatan. Hepatitis A seringkali menyebabkan masalah di berbagai penjuru dunia, baik dalam bentuk epidemi, wabah, kasus luar biasa (KLB) maupun outbreak.

Praktek cuci tangan merupakan variabel penting dalam perilaku kebersihan diri, mengingat di daerah tersebut umumnya penduduk makan pakai tangan (tanpa sendok), yang dilakukan 3-4 kali sehari dan kebanyakan dari mereka tidak cuci tangan sebelum makan. Oleh karena itu praktek cuci tangan sebelum makan penduduk di daerah KLB tersebut perlu mendapat perhatian.

  • Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s