Goyang Ceria Dangdut Banyumasan


Sopsan, kelompok seni Banyumas yang padukan lawak dan musik dangdut

Adagium “musik dangdut, musik rakyat” ada benarnya. Meski di awal perkembangannya musik ini didominasi oleh lagu-lagu melayu, kini musik dangdut banyak diwarnai oleh sentuhan-sentuhan daerah. Banyumas merupakan daerah yang mampu mewarnai musik ini dengan lagu dan syair lirik dalam bahasa daerahnya, yaitu bahasa banyumasan.

Banyumas merupakan kota penting di Jawa Tengah bagian selatan. Ibukota Banyumas, yaitu Purwokerto menjadi kota pendidikan yang melahirkan banyak intelektual berpengaruh di Indonesia. Beragam jenis makanan khas, seperti gethuk goreng, sroto lama, tempe mendowan, tahu berontak, dan gembus menjadi klangenan para wisatawan kuliner.

Sebelum kemunculan seniman-seniman dangdut Banyumasan, para pengamat seni sempat dikejutkan dengan sepak terjang kelompok Sopsan. Sopsan merupakan kelompok seni yang memadukan unsur lawak dan musik. Sopsan sudah diakui sebagai grup lawak Banyumasan yang mampu membuat para penonton tertawa karena materi yang mereka bawakan begitu lucu dan kocak.

Akhir-akhir ini, perkembangan dunia musik di Banyumas sangat pesat. Musik dangdut banyumasan terdongkrak lewat kemajuan dunia teknologi informasi. Banyaknya seniman Banyumas yang mengunggah karyanya melalui dunia internet, khususnya portal video sharing seperti YouTube. Para pengguna internet dengan mudah menjumpai genre musik dangdut ini. Salah satu lagu dangdut Banyumasan yang populer adalah “Bocah Gunung” karya Yayat Imrona yang dibawakan oleh biduan cantik Ina Malini.

Selain itu, para seniman Banyumas mampu mengorganisasi diri mereka dalam organisasi seniman. Untuk mengajak para seniman berorganisasi mereka membuat lagu-lagu yang mengajak para seniman di daerah Banyumas untuk berorganisasi, memperjuangkan nasib, peduli dan memajukan daerahnya. Silakan tonton karya Teguh berjudul “Menyate Seniman Banyumas”

Bagi pencinta dangdut Banyumasan, saya bagi tautan sejumlah kelompok musik yang sudah menciptakan lagu dan membuat video klipnya. Anda bisa mencari video-video klip lainnya dengan menggunakan kata “dangdut” + “banyumas” pada mesin pencari Google.

Proses kreatif di atas harus mendapatkan apresiasi dari warga Banyumas sendiri. Sayang, kepedulian pemerintah daerah pada dunia kebudayaan dan kesenian masih bersifat karikatif. Pemerintah lebih berorientasi pada sisi tontonan dibanding membangun ruang untuk menggali kreativitas seni. Akhirnya, untuk bertahan hidup para seniman harus berkompromi dengan dunia pasar hiburan. Mereka menyimpan imajinasi mereka untuk menciptakan karya-karya yang adiluhung.

Salam budaya.

About these ads

One thought on “Goyang Ceria Dangdut Banyumasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s